Spoiler Film Indonesia Agen Dunia #CaloSerbaBisa (2021)


Ada 2 tema besar yang ingin diangkat oleh film ini:

1. Tentang profesi tertentu yang "mulai punah" karena tergerus "kemajuan teknologi", serta
2. Tentang sulitnya menikahi pasangan yang berbeda suku dan budaya

"Agen Dunia" sendiri sebetulnya merujuk pada profesi unik yang ditekuni oleh Bang Jamal (Baim Wong). Yakni, calo alias perantara semua urusan per-duniawian. Mulai dari urusan ktp, surat tanah, perceraian, jual beli mobil, hingga pengerjaan skripsi ~ semua bisa dilakukannya.

Syaratnya satu, asal ada uangnya hehe.

Sayangnya, seiring perkembangan zaman. Makin sedikit pula orang-orang yang masih membutuhkan jasa uniknya ini. Hingga selang 2 tahun kemudian, Bang Jamal pun memutuskan untuk berhenti dari profesi ini. Dan mulai menekuni profesi barunya sebagai pramusaji di outlet mie ayam.

Hingga suatu hari, Reza (Onadio Leonardo) yang juga merupakan salah satu mantan klien-nya ini. Sengaja datang ke outlet mie ayam tersebut untuk mencari sosok Jamal yang pernah membantunya mengerjakan skripsi dulu. Namun Kali ini, kedatangan reza memiliki maksud lain. Ia membutuhkan bantuan jamal untuk mempersatukan keluarganya dan keluarga kekasihnya. Agar mereka dapat segera melangsungkan pernikahan.

Yap, masalah terbesar Reza saat ini adalah perbedaan budaya diantara kedua orang tua mereka. Jawa dan Sunda. Singkat cerita, sekalipun tinggal di pontianak orang tua reza masih memegang teguh adat istiadatnya sebagai orang sunda. Begitupula orang tua Citra (Clara Bernadeth) yang masih memegang teguh adat istiadatnya sebagai orang jawa ~ sekalipun telah lama menetap di Palembang. Hal inilah yang membuat hubungan mereka hampir mustahil untuk dapat diteruskan.

Mendengar kisah ini, Jamal yang awalnya enggan membantu Reza. Mulai menyusun berbagai strategi untuk membantu Reza dan Citra. Mulai dari mengumpulkan hasil test pack kehamilan para tetangganya, untuk mengelabui orang tua Reza dan Citra. Siasat pura-pura bunuh diri untuk meluluhkan hati kedua orang tua mereka, hingga ia sendiri yang harus turun tangan untuk berpura-pura menjadi tukang pijat tuna netra agar dapat mencari tau persamaan diantara kedua orang tua mereka.

Sayangnya, semua usaha yang dilakukan Jamal belum juga membuahkan hasil. Hingga Reza dan Citra pun hampir pasrah dan putus asa dengan kelanjutan hubungan mereka berdua.

Ditengah kegalauan inilah, ayah Reza mendadak masuk rumah sakit karena penyakit usus buntu yang selama ini dideritanya. Dan satu-satunya orang yang dapat menolong nyawanya, hanyalah orang tua Citra seorang (yang dalam hal ini adalah ayahnya). Hal ini, karena mereka sama-sama memiliki golongan darah AB negatif. Sebuah persamaan yang berhasil terungkap berkat bantuan Bang Jamal.

Pasca kejadian ini, Reza dan Citra akhirnya berhasil mengantongi restu dari kedua orang tua mereka. Sekalipun, lagi-lagi ada hambatan budaya yang masih harus mereka lewati. Khususnya terkait adat istiadat yang akan digunakan saat acara resepsi nanti. Dan disinilah, sosok Bang Jamal "si Agen Dunia" kembali dibutuhkan untuk menengahi masalah ini.

Kalau kata Bang Jamal sih, "segala tetek bengek perduniawian bisa diselesaikan, asal ada uangnya" hehe.

 

Posting Komentar

Halaman

Copyright ©