Spoiler Film Rurouni Kenshin: Part I - Origins (2013)


Film ini mengisahkan tentang seorang pembunuh bayaran yang hidup pada masa Kesyogunan. Yap, siapa lagi kalau bukan Kenshin Himura alias Battosai si Pembantai. Pada masa itu, ia ditakuti para lawannya karena mampu menghabisi banyak musuh sekaligus. Hiten Mitsurugi, begitu nama aliran kuno yang digunakannya untuk bertarung. Namun bukan tanpa sebab ia bertarung. Ia terpaksa bertarung untuk ikut mengakhiri masa Kesyogunan. Yap, ia bertarung untuk sebuah zaman yang baru. Dimana orang-orang bisa hidup berdampingan, tanpa perlu saling membunuh lagi.

Singat cerita masa Kesyogunan pun berakhir. Dan sejak saat itu, tak ada yang tahu kemana perginya Battosai si Pembantai. Hingga 10 tahun kemudian, muncul seorang samurai lain yang menggunakan identitasnya untuk membuat kekacauan. Tak hanya itu, ia pun turut memfitnah aliran Kamiya Kasshin setiap kali membuat terror pembunuhan. Aliran yang mengajarkan ilmu pedang bukan untuk membunuh, melainkan untuk melindungi seseorang. Kaoru Kamiya, menjadi satu-satunya penerus aliran ini. Kaoru yang jengkel karena aliran dan dojonya terus-menerus di fitnah, akhirnya ikut berkeliling mencari "Battosai palsu".

Hingga tanpa sengaja ia bertemu dengan Battosai yang asli, yang saat itu dilihatnya membawa sebilah pedang. Namun saat itu, tak ada yang tahu kalau Kenshinlah Battosai si Pembantai. Satu-satunya orang yang tahu identitas asli Battosai hanyalah Saito Hajime. Mantan Kapten unit ketiga Shinsengumi yang pernah menantangnya bertarung pada akhir masa Kesyogunan. Yang kini bertugas di kepolisian.

Karena merasa salah orang, Kaoru pun akhirnya pamit dan meminta maaf pada Kenshin yang saat itu memperkenalkan diri sebagai rurouni alias pengembara. Dalam perjalanan pulang, Kaoru akhirnya bertemu dengan sosok pria yang selama ini melakukan terror dengan mengatasnamakan Battosai dan aliran Kamiya Kasshin yang diturunkan ayahnya.

Merekapun sempat berduel, sebelum akhirnya Kenshin menyelamatkan Kaoru karena merasa pertarungan ini tidak imbang. Yap, karena selama ini yang dibawa oleh Kaoru dan murid-muridnya adalah pedang kayu. Karena merasa berhutang budi, Kaoru pun mempersilahkan Kenshin untuk tinggal di dojo yang juga merupakan rumah peninggalan ayahnya. Di dojo ini, Kaoru tinggal dengan satu-satunya murid aliran Kamiya Kasshin yang masih tersisa. Yap, siapa lagi kalau bukan Yahiko Myojin.

Suatu haru dojo milik Kaoru dirusak oleh sekelompok orang. Mereka memaksa Kaoru untuk menjual dojo itu kepada bos mereka. Namun dalam keadaan terdesak, Kenshin tiba-tiba muncul dan menghajar mereka semua. Dan disinilah Kaoru akhirnya tahu, kalau pengembara yang ditemuinya ini merupakan Battosai si Pembantai yang asli. Namun ia baru tahu, kalau sosok bengis yang sering diceritakan masyarakat ternyata telah berjanji pada dirinya untuk tidak membunuh lagi. Dan hanya menggunakan pedang dengan mata terbalik.

Buntut dari peristiwa ini, membuat Kenshin harus mendekam dalam sel tahanan. Karena pada zaman itu, masyarakat biasa sudah tidak boleh lagi membawa pedang kemana-mana. Disinilah ia kembali bertemu dengan Saito Hajime yang telah berganti nama menjadi Goro Fujita. Saito menawarkan Kenshin untuk membantunya di kepolian. Demi memberantas perdagangan o-p-i-u-m yang telah menelan banyak nyawa. Namun, Kenshin menolak tawaran ini dan menjelaskan padanya bahwa ia tidak lagi membunuh. Dan pedang bermata terbalik yang selalu dibawanya, menjadi saksi atas perjanjian yang ia ikrarkan pada dirinya sendiri untuk tidak lagi membunuh. Saito dan pimpinannya yang mulai menyerah untuk membujuk Kenshin. Akhirnya mengizinkannya pulang.

Dan tanpa diduga, Kaoru ternyata telah menunggunya di luar penjara. Kaoru meminta Kenshin untuk kembali pulang kerumahnya. Bahkan setelah ia mengetahui masa lalu Kenshin yang adalah Battosai si Pembantai. Bagi Kaoru, orang yang telah membantunya ini adalah seorang pengembara bernama Kenshin. Bukan lagi Battosai si Pembantai, yang dikenal oleh masyarakat.

Ditempat lain, Yahiko yang pergi mencari Kaoru justu bertemu dengan Megumi yang sedang dalam pelarian. Yap, megumilah satu-satunya keturunan keluarga Takani. Yang pada zaman dulu dikenal sebagai dokter yang handal. Sayangnya, pada masa yang baru ia terpaksa telibat dalam sindikat kriminal pembuat o-p-i-u-m demi bertahan hidup.

Singkat cerita megumi pun akhirnya ikut tinggal bersama Kaoru. Hingga suatu waktu, keberadaannya mulai terendus. Banyak warga desa yang keracunan air sumur karena ulah dari Kanryu, yang adalah boss sekaligus bandar o-p-i-u-m yang selama ini diburu pihak kepolisian. Untungnya tak ada korban jiwa akibat kejadian ini, karena megumi langsung berusaha mengobati mereka semua.

Namun peringatan ini, akhirnya membuat Megumi terpaksa kembali ke sindikat kriminal milik Kanryu untuk menyerahkan diri dan kembali mengabdi padanya.

Oiya, selain Megumi. Ada 1 orang lagi yang tinggal bersama mereka. Siapa lagi kalau bukan Sanosuke Sagara, si pemilik pedang zanbato (pedang untuk memenggal kuda). Sanosuke sendiri bertemu dengan Kenshin di penjara. Dan selepas bebas ia sempat mengajak Kenshin bertarung agar dapat bekerja pada Kanryu. Hingga akhirnya ia sadar, dan justru berbalik mengikuti Kenshin dan Kaoru.

Singkat cerita,

Kenshin yang tahu, bahwa Megumi telah menyerahkan diri akhirnya memutuskan untuk pergi menyelamatkannya bersama Sanosuke. Mereka harus bertarung dengan ratusan samurai yang dipelihara Kanryu. Sebelum akhirnya dapat menyelamatkan Megumi. Dalam peristiwa ini, Saito pun turut andil dalam membantu mereka. Karena sudah lama ia ingin memenjarakan Kanryu dan anak buahnya.

Namun tak selesai sampai disini. Kenshin pun akhirnya tahu kalau semua ini adalah jebakan. Karena saat ia dan Sanosuke pergi menyelamatkan Megumi. Ditempat lain, nyawa Kaoru dalam bahaya. Yap, si Battosai palsu menculiknya, agar dapat berduel langsung dengan pemilik pedang yang saat ini digunakannya. Ia berusaha memanfaatkan kemarahan Kenshin untuk merubahnya kembali menjadi pembunuh. Ia melumpuhkan Kaoru dengan jurus Nikaido Heiho. Jurus yang hanya bisa dilumpuhkan dengan 2 cara, yakni membunuh pemiliknya atau keluar dari cengkraman jurus itu sendiri. Kenshin yang hanya punya sedikit waktu untuk menyelamatkan Kaoru, akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi pembunuh demi menyelamatkan nyawa Kaoru. Namun, Kaoru yang enggan melihat Kenshin kembali pada kehidupan lamanya. Ternyata dapat bebas dari jurus itu dengan tekatnya sendiri. Kenshinpun akhirnya batal membunuh orang tersebut. Dan ia akhirnya mati dengan cara bunuh diri.

Singkat cerita, mereka pun kembali hidup tenang di dojo milik Kaoru.

Pesan moral yang bisa kita dapat dari film ini, adalah:

Sejahat atau seburuk apapun hidup kita, akan selalu ada kesempatan untuk berubah.
Namun untuk mencapainya, dibutuhkan komitmen yang kuat serta dukungan dari orang-orang disekitar kita.
So, carilah lingkungan yang baik, lingkungan yang mampu membawamu ke arah yang lebih baik.

Posting Komentar

Halaman

Copyright ©