Waspadai, Inilah Info Penyakit Terkini Yang Ada Di Indonesia – SehatQ.com

Waspadai, inilah info penyakit terkini yang ada di indonesia – Berbagai info penyakit telah diketahui masyarakat luas, bukan tidak mungkin di era serba modern ini info sangat cepat menyebar luas. Di Indonesia dikenal 2 penyakit utama yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Kedua penyakit ini memiliki resiko yang tinggi untuk menyumbang angka kematian di Indonesia. Mari kita simak info penyakit yang akan kami bahas ini.

penyakit sehatq

Penyakit menular dan penyakit tidak menular bisa dibedakan dari factor penyabab dan factor resiko yang ditimbulkan. Kita sangat dianjurkan untuk mengatahui penyakit menular dan tidak menular  karena dapat menentukan langkah tepat dalam penanganannya.

Penyakit menular

Penyakit menular ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme yaitu bakteri atau parasit. Serta dapat menular dan menyebar dari orang ke orang atau dari hewan ke orang. Penyakit menular ini sangat cepat menyebar. Penyakit menular yang paling umum di Indonesia yaitu HIV/AIDS, TBC, malaria dan infeksi saluran pernafasan bawah.

Penyakit menular ini biasa menyerang system kekebalan tubuh manusia. Namun berkat kemajuan dalam program vaksinasi dan pengembangan obat membuat angka kesakitan akibat penyakit menular dapat menurun. Namun, kita wajib waspada juga karena penyakit menular masih menimbulkan bahaya yang sangat signifikan.

Beberapa cara yang bisa membuat seseorang dapat terkena penyakit menular yaitu melakukan kontak fisik dengan penderitanya, kontak dengan benda yang terkontaminasi virus atau bakteri, dan gigitan serangga yang mampu menularkan ke pada orang lain. Waw kita pastinya harus waspada dengan factor resiko yang bisa menularkan penyakit ini. Jika anda ingin berkonsultasi Kesehatan secara Daring download aplikasi SehatQ.com. anda akan di layani oleh dokter yang berkompeten hanya di www.sehatq.com

Penyakit tidak menular

Penyakit tidak menular ini bersifat kronis karena cenderung berlangsung lama. Penyakit ini juga bisa berasal dari hasil kombinasi factor genetic, fisiologis, lingkungan dan perilaku hidup sehari hari. Menurut data survey, penyakit tidak menular sudah membunuh sekitar 41 juta manusia di dunia setiap tahunnya atau sama dengan 71% dari total kematian global. Perlu diwaspadai bukan penyakit tidak menular ini.

Penyakit tidak menular yang biasa dikenal masyarakat luas yaitu penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke), kanker, penyakit pernapasan kronis serta mother of desease yaitu penyakit diabetes mellitus. Pastinya penyakit penyakit tersebut sudah tidak asing lagi bukan di telinga kita.

Factor risiko perilaku menyumbang angka kematian tinggi di Indonesia. Bagaimana tidak? Tembakau dapat menyumbang 7,2 juta kematian tiap tahunnya, dan angkanya akan terus meningkat. Ada 4,1 juta kematian diakibatkan konsumsi garam/natrium berlebihan. 3,3 juta angka kematian disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol setiap tahunnya. Serta ada 1,6 juta kematian akibat kurangnya aktifitas fisik. Kalau kita bercermin dari angka angka di atas membuat kita juga was was dan harus menjauhi factor risiko perilaku ini agar dapat terhindar dari penyakit tidak menular.

Dari info penyakit diatas kita tahu bahwa di Indonesia sangat erat kaitannya dengan aktifitas sehari hari. Ketika tubuh kita terserang penyakit membuat kita sulit untuk beraktifitas. Oleh karenanya diharapkan kita selalu menjaga kesehatan. Ada banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan yaitu menjaga pola makan dan pola hidup bersih, dan kita juga harus imbangi dengan aktifitas fisik teratur. Lakukan aktifitas fisik sedang seperti jalan cepat atau senam setidaknya 150 menit seminggu.

Itulah info penyakit yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. Dan kita bisa menerapkan di kehidupan sehari hari. Salam sehat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Terima Kasih, Telah Meninggalkan Komentar ke Kami. Team Kami Akan Secepatnya Membalasnya